Sunday 28 August 2016

skripsi Pengaruh Motivasi dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang jakarta

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...............................................................................................             i
DAFTAR ISI..............................................................................................................             iii
DAFTAR TABEL......................................................................................................             vi
DAFTAR GAMBAR.................................................................................................             ix
ABSTRAK..................................................................................................................             x
BAB I  PENDAHULUAN.........................................................................................             1
......... 1.1. Latar Belakang Penelitian............................................................................             1
......... 1.2. Rumusan Masalah........................................................................................             4       
......... 1.3. Tujuan Penelitian..........................................................................................             4       
......... 1.4. Manfaat Penelitian.......................................................................................             5
BAB II  STUDI KEPUSTAKAAN..........................................................................             6
......... 2.1.  Landasan Teori............................................................................................             6
......... 2.1.1. Pengertian Motivasi...........................................................................             6
......... 2.1.2. Manfaat Motivasi...............................................................................             8
......... 2.1.3. Teori Motivasi....................................................................................             8
......... 2.1.4. Tipe-Tipe Motivasi.............................................................................             12
......... 2.1.5. Fator-Fator Yang Mempengaruhi Motivasi.......................................             13
......... 2.1.6. Upaya-Upaya Memotivasi Karyawan................................................             13
2.2.Pengalaman Kerja............................................................................................             14
......... 2.2.1. Pengertian Pengalaman Kerja............................................................             14
......... 2.2.2. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengalaman Bekerja.................             14
......... 2.2.3. Pengukuran Pengalaman Kerja..........................................................             15
......... 2.2.4. Cara Memperoleh Pengalaman Kerja.................................................             16
......... 2.2.5. Manfaat Pengalaman Kerja................................................................             17
2.3.Produktivitas Kerja..........................................................................................             18
......... 2.3.1. Pengertian Produktivitas Karyawan..................................................             18
......... 2.3.2. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas............................             19
......... 2.3.3. Penilaian Produktivitas Karyawan.....................................................             20
......... 2.3.4. Manfaat Pengukuran Produktivitas...................................................             21
2.4.Penelitian Terdahulu........................................................................................             22
2.5.Kerangka Pemikiran........................................................................................             25     
2.6. Hipotesis ........................................................................................................             26
BAB III METODE PENELITIAN..........................................................................             27
         3.1.Lokasi Dan Objek Penelitian...........................................................................             27
         3.2.Ruang Lingkup Penelitian...............................................................................             27
...... 3.3.Populasi Penelitian...........................................................................................             27
...... 3.4.Teknik Pengumpulan Data..............................................................................             28
...... 3.5. Skala Pengukuran Data..................................................................................             28
...... 3.6.Definisi Dan Operasionalisasi Variabel...........................................................             29
...... 3.7. Metode Penelitian...........................................................................................             32
...... 3.8.Peralatan Analisis Data....................................................................................             33
...... 3.9.Definisi dan Operasional Variabel...................................................................             34
...... 3.10.Pengujian Hipotesis.......................................................................................             34
Bab IV hasil penelitian dan pembahasan.................................................................             36
4.1. Uji Instrumen Penelitian........................................................................................             37
...... 4.1.1. Uji Validitas................................................................................................             37
...... 4.1.2. Uji Reliabilitas.............................................................................................             40
...... 4.2. Deskripsi Variabel Penelitian..........................................................................             40
...... 4.2.1. Motivasi Kerja.............................................................................................             41
...... 4.2.2. Pengalaman Kerja........................................................................................             47
...... 4.2.3. Produktivitas Kerja......................................................................................             56
4.3. Analisis Data.........................................................................................................             63
...... 4.3.1. Normalitas...................................................................................................             63
...... 4.3.2. Uji Multikolinieritas.....................................................................................             64
...... 4.3.3. Analisis Regresi Linear Berganda...............................................................             65
4.4. Pengujian Hipotesis...............................................................................................             66
...... 4.4.1. Pengujian Variabel Bebas Secara Persial (uji) T..........................................             66
...... 4.4.2. Pengujian Variabel Motivasi Kerja..............................................................             67
...... 4.4.3.Pengujian Variabel Pengalaman Kerja..........................................................             68
...... 4.4.4. Uji F.............................................................................................................             68
4.5. Pembahasan ..........................................................................................................             69
Bab V Kesimpulan Dan Saran..................................................................................             71
5.1. Kesimpulan............................................................................................................             71
5.2. Saran......................................................................................................................             72
Daftar Pustaka............................................................................................................             73

DAFTAR TABEL
 Tabel                                                                                                              Halaman                                
2.1.... Hasil Penelitian Sebelumnya...............................................................................             26
3.1.... Tabel Jenjang Tingkat Pendidikan Karyawan Bank Syariah Mandiri................             30
3.3.... Alternatif Pilihan Jawaban Kuesioner Berdasarkan Skor / Bobot Penilaian.......             32
3.6.... Defenisi Operasionalisasi Variabel,Indikator Dan Skala Pengukuran................             33
4.1.... Jumlah Sampel dan Tingkat Pengembalian Kuesioner........................................             36
4.2.... Hasil Uji Validitas Pertanyaantentang Motivasi Kerja.......................................             38
4.3.... Hasil Uji Validitas Pertanyaantentang pengalaman kerja...................................             38
4.4.... Hasil Uji Validitas Pertanyaantentang Produktivitas.........................................             39
4.5.... Hasil Uji Reliabilitas...........................................................................................             40
4.6.... Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap pegawai bekerja untuk mendapatkan gaji yang layak     ........................................................................................................................ 42

4.7. Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap pemimpin memberikan penghargaan atas prestasi dan dedikasi pegawai ................................................................................................             43

4.8. Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap pemerintah memberikan kesempatan bagi pagawai untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya untuk lebih maju.....................             44

4.9. Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap Pegawai mendapatkan kesempatan untuk mengembngkan karirnya...............................................................................................................             45

4.10.. Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap pegawai bekerja dala kondisi kerja yang baik dan menyenangkan....................................................................................................             46

4.11.. Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap pemimpin memberikan penghargaan atas prestasi kerja pegawai...............................................................................................................             47
4.12.. Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap tercapainya kinerja yang tinggi               48

4.13.. Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap efesiensi waktu penyelesaian tugas.                    49

4.14.... Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap menguasai perangkat                                                        teknolog  dan informasi....................................................................................             50

4.15.    Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap memahami tugas pokok..             51

4.16.... Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap  mengetahui batasan kewenangan                     52

4.17.... Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap  memahami tata kelola administrasi.                 53

4.18. .. Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap  pernah mengikuti pelatihan                  54

4.19.... Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap  dengan pernah ada di jabatan yang sama.                   55

4.20.... Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap  perna menjadi fasilitator/mentor          56

4.21.... Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap  keterampilan yang dimiliki pegawai mempercepat waktu penyelesaian pekerjaan......................................................................................             57

4.22.... Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap pengetahuan yang dimiliki pegawai mempercepat waktu penyelesian pekerjaan.......................................................................................             58

4.23. Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap kinerja tim sangat mendukung dalam meningkatkan produktivitas dan profitabilitas perusahaan /instansi........................................             59

4.24.... Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap pegawai selalu bekerja sama dalam menyelesaikan pekerjaan...........................................................................................................             60

4.25.... Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap peningkatan ketepatan kerja pegawai menjadi lebih baik dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan keinginan perusahaan.............             61
4.26.... Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap peningkatan motivasi kerja pegawai membuat rencana pekerjaan sehingga tercapainya efesiensi dan efektivitas.................................             62

4.37.... Tanggapan Responden tentang Berminat Terhadap tingkat kehadiran pegawai sudah lebih baik.                63

4.28.... Uji Normalitas...................................................................................................             64
4.29.... Uji Multikolinearitas.........................................................................................             64
4.30.Hasil Analisis Regresi Berganda..........................................................................             65



















DAFTAR GAMBAR
Gambar                                                                                                           Halaman
2.2. Kerangka Konseptual............................................................................................             28



BAB I

PENDAHULAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Dalam suatu sistem operasi perusahaan, potensi Sumber Daya Manusia pada hakekatnya merupakan salah satu modal dan memegang suatu peran yang paling penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu perusahaan perlu mengelola Sumber Daya Manusia sebaik mungkin. Sebab kunci sukses suatu perusahaan bukan hanya pada keunggulan teknologi dan tersedianya dana saja. Tapi faktor manusia merupakan faktor yang terpenting pula. (J. Ravianto, 2004)
Melalui perencanaan Sumber Daya Manusia yang matang, produktivitas kerja dari tenaga kerja yang sudah ada dapat ditingkatkan. Hal ini dapat diwujudkan melalui adanya penyesuaian. Seperti peningkatan motivasi dan pengalaman kerja yang baik. Sehingga setiap karyawan dapat menghasilkan sesuatu yang berkaitan langsung dengan kepentingan organisasi.
Motivasi dan pengalaman kerja yang baik dapat juga menunjang keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sebab melalui adanya dua faktor tersebut akan menciptakan tingkat produktivitas kerja yang tinggi sehingga menunjang keberhasilan perusahaan. Sebaliknya jika tingkat produktivitas kerja menurun akan menghambat perusahaan tersebut dalam mencapai tujuannya.
Oleh karena itu perkembangan mutu Sumber Daya Manusia semakin penting keberadaannya. Hal ini mengingat bahwa perusahaan yang mempekerjakan Sumber Daya Manusia, menginginkan suatu hasil dan manfaat yang baik dan dapat mengikuti perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam perusahaan. Motivasi dan pengalaman kerja merupakan hal yang berperan penting dalam meningkatkan suatu efektivitas kerja. Karena orang yang mempunyai motivasi dan pengalaman kerja yang tinggi akan berusaha dengan sekuat tenaga supaya pekerjaanya dapat berhasil dengan sebaik-baiknya, akan membentuk suatu peningkatan produktivitas kerja. (Moekijat,2003)
Setiap perusahaan selalu menginginkan produktivitas dari setiap karyawannya meningkat. Untuk mencapai hal tersebut, perusahaan harus memberikan motivasi yang baik kepada seluruh karyawannya agar dapat mencapai prestasi kerja dan meningkatkan produktivitas. Dengan ditambah suatu pengalaman kerja yang dimiliki oleh para karyawanya, akan memberikan suatu hubungan yang besar dalam upaya mencapai tingkat produktivitas.
Dalam melakukan usaha meningkatkan produktivitas kerja ini, Bank Syariah Mandiri Banda Aceh telah menetapkan beberapa upaya yang bertujuan untuk memotivasi kerja para karyawannya. Adapun upaya tersebut dengan memberikan beberapa fasilitas-fasilitas kerja yang sangat menunjang dalam meningkatkan produktivitas kepada seluruh karyawanya. Dan Bank Syariah Mandiri memberikan pelatihan untuk memotivasi dan meningkatkan produktivitas karyawan. Setiap tahunnya Bank Syariah Mandiri memberikan pelatihan seluruh karyawan secara bertahap untuk mencapai Produktivitas karyawan dan kenaikan Grede / jabatan karyawan guna memotivasi karyawan untuk meningkat kan lagi kinerjanya.
Fasilitas-fasilitas tersebut meliputi pakaian kerja, jaminan makan, rekreasi, tempat ibadah, ruang olahraga, tunjangan hari raya, asuransi, gaji, bonus, upah lembur dan sebagainya. Semua itu diberikan oleh perusahaan, agar seluruh karyawan yang bekerja di dalamnya benar-benar terjamin sekaligus dapat menciptakan suatu motivasi yang baik guna mencapai tingkat produktivitas.
Tingkat pendidikan dan pengalaman kerja pun diutamakan. Khususnya untuk bagian pembukuan atau kantor, minimal berbatas pendidikan D3. Namun dalam proses perekrutan karyawan, perusahaan lebih mengutamakan calon karyawan yang sudah mempunyai pengalaman kerja dari perusahaan yang sejenis. Ini semua diharapkan bisa menciptakan semangat kerja sekaligus prestasi kerja yang tinggi dalam menggapai perwujudan tingkat produktivitas yang baik, seperti yang diharapkan perusahaan.
Berdasar uraian diatas, menjelaskan bahwa motivasi dan pengalaman kerja berhubungan dengan tingkat produktivitas kerja karyawan, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengambil judul:
 “Pengaruh Motivasi dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Banda Aceh”.






1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas per masalahan yang dihadapi dalam penelitian ini diuraikan sebagai berikut ini.
1.      Apakah motivasi berpengaruh  secara signifikan terhadap produktivitas secara bersama terhadap kerja Karyawan Bank Syariah Mandiri?
2.      Apakah pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan?
3.      Apakah pengaruh motivasi kerja dan pengalaman kerja secara simultan terhadap produktivitas kerja karyawan?
1.3. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah:
1.      Untuk mengetahui  apakah motivasi berpengaruh  secara signifikan terhadap produktivitas secara bersama terhadap kerja Karyawan.
2.      Untuk mengetahui apakah pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan.
3.      Untuk mengetahui apakah pengaruh motivasi kerja dan pengalaman kerja secara simultan terhadap produktivitas kerja karyawan.





1.4. Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini dibagi menjadi dua bagian utama oleh penulis sebagai berikut:
1.      Bagi Perusahaan
Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi perusahaan dalam menentukan langkah yang diambil terutama dalam bidang personalia yang berkaitan dengan motivasi dan pengalaman kerja dengan produktivitas kerja karyawan.
2.      Bagi Peneliti

Dengan penelitian ini diharapkan peneliti dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan dan menambah pengalaman, wawasan serta belajar sebagai praktisi dalam menganalisis suatu masalah kemudian mengambil keputusan dan kesimpulan.




untuk kelanjutannya inbox ===   www.facebook.com/redooks

0 komentar:

Post a Comment