Tuesday 13 March 2018

MAKALAH MENGENAI PENGERAS SUARA (KRIYA SENI)


BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Karya seni merupakan hasil cipta rasa dan karsa manusia berdasarkan pengalaman batinnya, baik yang bersifat indah, menarik dan unik. Terkadang ada sebuah pesan dan makna di dalamnya, atau hanya menonjolkan nilai estetis, fungsi dan teknik kerumitan dalam pembuatannya.
Terciptanya suatu karya seni merupakan lahirnya ide-ide terbaru dari hasil refleksi manusia terhadap pengaruh-pengaruh lingkungan, sosial masyarakat maupun budaya yang melingkupinya. Pengaruh yang tersimpan dalam batinnya akhirnya menimbulkan suatu keinginan sendiri untuk mengekspresikan sesuai dengan proses kreatif. Proses kreatif tersebut merupakan wujud dari sisi kepribadian penciptanya.
Karya kriya kayu ini merupakan hasil rentetan dari proses kreatif yang terinspirasi lingkungan sekitar. Bermula dari pengamatan berbagai bentuk dari perkembangan teknologi disekitar, seperti bentuk tabung, bentuk motif kemudian dipadukan dengan speaker dalam satu   komposisi   yang   harmonis   dengan   mempertimbangkan   aspek   kesatuan, keselarasan   dan   keseimbangan   sehingga   terbentuk   suatu   komposisi   dinamis.
loud speaker atau speaker  adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang suara sampai di kendang telinga kita dan dapat kita dengar sebagai suara.Dalam setiap sistem penghasil suara (loud speaker), pengeras suara merupakan juga menentukan kualitas suara di samping juga peralatan pengolah suara sebelumnya yang masih berbentuk listrik dalam rangkaian penguat amplifier.
Sistem pada pengeras suara adalah suatu komponen yang mengubah kode sinyal elektronik terakhir menjadi gerakan mekanik. Dalam penyimpan suara pada kepingan CD, pita magnetik tape, penambahan bluetooth receiver berfungsi sebagai bahan penukar suara Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.
Proses mengamati dan membayangkan suatu obyek yang terkait dengan tema tersebut kemudian timbullah stimulus/rangsangan yang selanjutnya saya  menangkap suatu makna pada obyek tersebut secara pribadi sesuai dengan pengalaman dan pengamatan saya. Pengamatan terhadap bentuk-bentuk alam menimbulkan imajinasi, ide atau gagasan yang membuat saya tertarik untuk mewujud kannya dalam bentuk karya seni speaker bambu bluetooth.




0 komentar:

Post a Comment