DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................... i
DAFTAR ISI.............................................................................................................. iii
DAFTAR TABEL...................................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR................................................................................................. ix
ABSTRAK.................................................................................................................. x
BAB I PENDAHULUAN......................................................................................... 1
......... 1.1. Latar Belakang Penelitian............................................................................ 1
......... 1.2. Rumusan Masalah........................................................................................ 4
......... 1.3. Tujuan Penelitian.......................................................................................... 4
......... 1.4. Manfaat Penelitian....................................................................................... 5
BAB II STUDI KEPUSTAKAAN.......................................................................... 6
......... 2.1. Landasan Teori............................................................................................ 6
......... 2.1.1. Pengertian Motivasi........................................................................... 6
......... 2.1.2. Manfaat Motivasi............................................................................... 8
......... 2.1.3. Teori Motivasi.................................................................................... 8
......... 2.1.4. Tipe-Tipe Motivasi............................................................................. 12
......... 2.1.5. Fator-Fator Yang
Mempengaruhi Motivasi....................................... 13
......... 2.1.6. Upaya-Upaya Memotivasi
Karyawan................................................ 13
2.2.Pengalaman
Kerja............................................................................................ 14
......... 2.2.1. Pengertian Pengalaman
Kerja............................................................ 14
......... 2.2.2. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Pengalaman Bekerja................. 14
......... 2.2.3. Pengukuran Pengalaman
Kerja.......................................................... 15
......... 2.2.4. Cara Memperoleh
Pengalaman Kerja................................................. 16
......... 2.2.5. Manfaat Pengalaman Kerja................................................................ 17
2.3.Produktivitas
Kerja.......................................................................................... 18
......... 2.3.1. Pengertian Produktivitas
Karyawan.................................................. 18
......... 2.3.2. Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Produktivitas............................ 19
......... 2.3.3. Penilaian Produktivitas
Karyawan..................................................... 20
......... 2.3.4. Manfaat Pengukuran
Produktivitas................................................... 21
2.4.Penelitian
Terdahulu........................................................................................ 22
2.5.Kerangka
Pemikiran........................................................................................ 25
2.6.
Hipotesis ........................................................................................................ 26
BAB III METODE PENELITIAN.......................................................................... 27
3.1.Lokasi Dan Objek Penelitian........................................................................... 27
3.2.Ruang Lingkup Penelitian............................................................................... 27
...... 3.3.Populasi Penelitian........................................................................................... 27
...... 3.4.Teknik Pengumpulan Data.............................................................................. 28
...... 3.5. Skala Pengukuran Data.................................................................................. 28
...... 3.6.Definisi Dan Operasionalisasi Variabel........................................................... 29
...... 3.7. Metode Penelitian........................................................................................... 32
...... 3.8.Peralatan Analisis Data.................................................................................... 33
...... 3.9.Definisi dan Operasional
Variabel................................................................... 34
...... 3.10.Pengujian Hipotesis....................................................................................... 34
Bab IV hasil penelitian dan
pembahasan................................................................. 36
4.1.
Uji Instrumen Penelitian........................................................................................ 37
...... 4.1.1. Uji Validitas................................................................................................ 37
...... 4.1.2. Uji Reliabilitas............................................................................................. 40
...... 4.2. Deskripsi Variabel Penelitian.......................................................................... 40
...... 4.2.1. Motivasi Kerja............................................................................................. 41
...... 4.2.2. Pengalaman Kerja........................................................................................ 47
...... 4.2.3. Produktivitas Kerja...................................................................................... 56
4.3.
Analisis Data......................................................................................................... 63
...... 4.3.1. Normalitas................................................................................................... 63
...... 4.3.2. Uji Multikolinieritas..................................................................................... 64
...... 4.3.3. Analisis Regresi Linear
Berganda............................................................... 65
4.4.
Pengujian Hipotesis............................................................................................... 66
...... 4.4.1. Pengujian Variabel Bebas
Secara Persial (uji) T.......................................... 66
...... 4.4.2. Pengujian Variabel Motivasi
Kerja.............................................................. 67
...... 4.4.3.Pengujian Variabel
Pengalaman Kerja.......................................................... 68
...... 4.4.4. Uji F............................................................................................................. 68
4.5.
Pembahasan .......................................................................................................... 69
Bab V Kesimpulan Dan Saran.................................................................................. 71
5.1.
Kesimpulan............................................................................................................ 71
5.2.
Saran...................................................................................................................... 72
Daftar Pustaka............................................................................................................ 73
DAFTAR TABEL
Tabel
Halaman
2.1.... Hasil Penelitian Sebelumnya............................................................................... 26
3.1.... Tabel Jenjang Tingkat Pendidikan
Karyawan Bank Syariah Mandiri................ 30
3.3.... Alternatif Pilihan Jawaban Kuesioner
Berdasarkan Skor / Bobot Penilaian....... 32
3.6.... Defenisi Operasionalisasi
Variabel,Indikator Dan Skala Pengukuran................ 33
4.1.... Jumlah Sampel dan Tingkat
Pengembalian Kuesioner........................................ 36
4.2.... Hasil Uji Validitas Pertanyaantentang
Motivasi Kerja....................................... 38
4.3.... Hasil Uji Validitas Pertanyaantentang
pengalaman kerja................................... 38
4.4.... Hasil Uji Validitas Pertanyaantentang
Produktivitas......................................... 39
4.5.... Hasil Uji Reliabilitas........................................................................................... 40
4.6.... Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap pegawai bekerja untuk mendapatkan gaji yang layak ........................................................................................................................ 42
4.7. Tanggapan
Responden tentang Berminat Terhadap pemimpin memberikan penghargaan atas
prestasi dan dedikasi pegawai ................................................................................................ 43
4.8. Tanggapan
Responden tentang Berminat Terhadap pemerintah memberikan kesempatan bagi
pagawai untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya untuk lebih maju..................... 44
4.9. Tanggapan
Responden tentang Berminat Terhadap Pegawai mendapatkan kesempatan untuk
mengembngkan karirnya............................................................................................................... 45
4.10.. Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap pegawai bekerja dala kondisi kerja yang baik dan menyenangkan.................................................................................................... 46
4.11.. Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap pemimpin memberikan penghargaan atas prestasi kerja pegawai............................................................................................................... 47
4.12.. Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap tercapainya kinerja yang tinggi 48
4.13.. Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap efesiensi waktu penyelesaian tugas. 49
4.14.... Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap menguasai perangkat
teknolog dan informasi.................................................................................... 50
4.15. Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap memahami tugas pokok.. 51
4.16.... Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap mengetahui batasan kewenangan 52
4.17.... Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap memahami tata kelola
administrasi. 53
4.18. .. Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap pernah mengikuti pelatihan 54
4.19.... Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap dengan pernah ada di jabatan
yang sama. 55
4.20.... Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap perna menjadi fasilitator/mentor 56
4.21.... Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap keterampilan yang dimiliki
pegawai mempercepat waktu penyelesaian pekerjaan...................................................................................... 57
4.22.... Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap pengetahuan yang dimiliki pegawai mempercepat waktu penyelesian
pekerjaan....................................................................................... 58
4.23. Tanggapan
Responden tentang Berminat Terhadap kinerja tim sangat mendukung dalam
meningkatkan produktivitas dan profitabilitas perusahaan /instansi........................................ 59
4.24.... Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap pegawai selalu bekerja sama dalam menyelesaikan pekerjaan........................................................................................................... 60
4.25.... Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap peningkatan ketepatan kerja pegawai menjadi lebih baik dalam
menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan keinginan perusahaan............. 61
4.26.... Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap peningkatan motivasi kerja pegawai membuat rencana pekerjaan sehingga
tercapainya efesiensi dan efektivitas................................. 62
4.37.... Tanggapan Responden tentang Berminat
Terhadap tingkat kehadiran pegawai sudah lebih baik. 63
4.28.... Uji Normalitas................................................................................................... 64
4.29.... Uji Multikolinearitas......................................................................................... 64
4.30.Hasil
Analisis Regresi Berganda.......................................................................... 65
DAFTAR
GAMBAR
Gambar Halaman
2.2.
Kerangka Konseptual............................................................................................ 28
BAB
I
PENDAHULAN
1.1. Latar Belakang
Masalah
Dalam suatu sistem operasi perusahaan, potensi Sumber Daya Manusia pada
hakekatnya merupakan salah satu modal dan memegang suatu peran yang paling
penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu perusahaan perlu
mengelola Sumber Daya Manusia sebaik mungkin. Sebab kunci sukses suatu
perusahaan bukan hanya pada keunggulan teknologi dan tersedianya dana saja.
Tapi faktor manusia merupakan faktor yang terpenting pula. (J. Ravianto, 2004)
Melalui perencanaan Sumber Daya Manusia yang matang, produktivitas kerja
dari tenaga kerja yang sudah ada dapat ditingkatkan. Hal ini dapat diwujudkan
melalui adanya penyesuaian. Seperti peningkatan motivasi dan pengalaman kerja
yang baik. Sehingga setiap karyawan dapat menghasilkan sesuatu yang berkaitan
langsung dengan kepentingan organisasi.
Motivasi dan pengalaman kerja yang baik dapat juga menunjang keberhasilan
suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sebab melalui adanya dua faktor
tersebut akan menciptakan tingkat produktivitas kerja yang tinggi sehingga
menunjang keberhasilan perusahaan. Sebaliknya jika tingkat produktivitas kerja
menurun akan menghambat perusahaan tersebut dalam mencapai tujuannya.
Oleh karena itu perkembangan mutu Sumber Daya Manusia semakin penting
keberadaannya. Hal ini mengingat bahwa perusahaan yang mempekerjakan Sumber
Daya Manusia, menginginkan suatu hasil dan
manfaat yang baik dan dapat mengikuti perubahan dan perkembangan yang terjadi
dalam perusahaan. Motivasi dan pengalaman kerja merupakan hal yang berperan
penting dalam meningkatkan suatu efektivitas kerja. Karena orang yang mempunyai
motivasi dan pengalaman kerja yang tinggi akan berusaha dengan sekuat tenaga
supaya pekerjaanya dapat berhasil dengan sebaik-baiknya, akan membentuk suatu
peningkatan produktivitas kerja. (Moekijat,2003)
Setiap perusahaan selalu menginginkan
produktivitas dari setiap karyawannya meningkat. Untuk mencapai hal tersebut,
perusahaan harus memberikan motivasi yang baik kepada seluruh karyawannya agar dapat
mencapai prestasi kerja dan meningkatkan produktivitas. Dengan ditambah suatu
pengalaman kerja yang dimiliki oleh para karyawanya, akan memberikan suatu
hubungan yang besar dalam upaya mencapai tingkat produktivitas.
Dalam melakukan usaha meningkatkan produktivitas kerja ini, Bank Syariah
Mandiri Banda Aceh telah menetapkan beberapa upaya yang bertujuan untuk
memotivasi kerja para karyawannya. Adapun upaya tersebut dengan memberikan
beberapa fasilitas-fasilitas kerja yang sangat menunjang dalam meningkatkan
produktivitas kepada seluruh karyawanya. Dan Bank Syariah Mandiri memberikan
pelatihan untuk memotivasi dan meningkatkan produktivitas karyawan. Setiap
tahunnya Bank Syariah Mandiri memberikan pelatihan seluruh karyawan secara
bertahap untuk mencapai Produktivitas karyawan dan kenaikan Grede / jabatan
karyawan guna memotivasi karyawan untuk meningkat kan lagi kinerjanya.
Fasilitas-fasilitas tersebut meliputi pakaian kerja, jaminan makan,
rekreasi, tempat ibadah, ruang olahraga, tunjangan hari raya, asuransi, gaji,
bonus, upah lembur dan sebagainya. Semua itu diberikan oleh perusahaan, agar
seluruh karyawan yang bekerja di dalamnya benar-benar terjamin sekaligus dapat
menciptakan suatu motivasi yang baik guna mencapai tingkat produktivitas.
Tingkat pendidikan dan pengalaman kerja pun diutamakan. Khususnya untuk
bagian pembukuan atau kantor, minimal berbatas pendidikan D3. Namun dalam
proses perekrutan karyawan, perusahaan lebih mengutamakan calon karyawan yang sudah mempunyai
pengalaman kerja dari perusahaan yang sejenis. Ini semua diharapkan bisa
menciptakan semangat kerja sekaligus prestasi kerja yang tinggi dalam menggapai
perwujudan tingkat produktivitas yang baik, seperti yang diharapkan perusahaan.
Berdasar uraian diatas, menjelaskan bahwa motivasi dan pengalaman kerja
berhubungan dengan tingkat produktivitas kerja karyawan, maka penulis tertarik
untuk melakukan penelitian mengambil judul:
“Pengaruh Motivasi dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja
Karyawan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Banda Aceh”.
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas per masalahan yang
dihadapi dalam penelitian ini diuraikan sebagai berikut ini.
1.
Apakah motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas secara
bersama terhadap kerja Karyawan Bank Syariah Mandiri?
2. Apakah pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan?
3. Apakah pengaruh motivasi kerja dan pengalaman kerja secara simultan terhadap
produktivitas kerja karyawan?
1.3. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian
ini adalah:
1.
Untuk mengetahui apakah motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas secara
bersama terhadap kerja Karyawan.
2.
Untuk mengetahui apakah pengaruh motivasi
kerja terhadap produktivitas kerja karyawan.
3.
Untuk mengetahui apakah pengaruh motivasi
kerja dan pengalaman kerja secara simultan terhadap produktivitas kerja
karyawan.
1.4. Manfaat
Penelitian
Manfaat dari penelitian
ini dibagi menjadi dua bagian utama oleh penulis sebagai berikut:
1.
Bagi Perusahaan
Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan
pertimbangan bagi perusahaan dalam menentukan langkah yang diambil terutama
dalam bidang personalia yang berkaitan dengan motivasi dan pengalaman kerja
dengan produktivitas kerja karyawan.
2.
Bagi Peneliti
Dengan penelitian ini diharapkan peneliti dapat menerapkan ilmu yang
diperoleh selama perkuliahan dan menambah pengalaman, wawasan serta belajar
sebagai praktisi dalam menganalisis suatu masalah kemudian mengambil keputusan
dan kesimpulan.
untuk kelanjutannya inbox === www.facebook.com/redooks
0 komentar:
Post a Comment